Semangat Berkolaborasi

 Assalamualaikum.... Tabik pun...

Setelah melakukan diskusi dan berbagi dengan para Duta Rumah Belajar dan para Sahabat Rumah Belajar PembaTIK Level 4 dari Lampung pada Senin 17 Oktober 2022 sekitar pukul 19.45 ada hal penting yang dapat saya ambil kesimpulan. Berdasarkan saran dari para DRB Lampung terkait dengan tugas PembaTIK pada Level 4 ini ternyata bukan sekedar tentang membagikan informasi atau sosialisasi Portal Rumah Belajar dan Platfom Merdeka Mengajar, namun ternyata lebih dari sekedar itu. Paling utama dari tugas kali ini adalah berbagi praktik baik mengenai penggunaan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar yang pernah diterapkan oleh para Sahabat Rumah Belajar. Pada kegiatan kolaborasi dan berbagi kali ini diutamakan kualitas bukan kuantitas.

Kegiatan diskusi dan berbagi dengan Duta Rumah Belajar dari Lampung dan para Sahabat Rumah Belajar 

Sesuai arahan dari para DRB Lampung, maka hari ini saya menemui kepala sekolah tempat saya bertugas, yakni SMKN 1 Negeri Katon Pesawaran. Pada pertemuan kali ini saya memohon izin untuk melakukan pengambilan video praktik baik penggunaan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar. Selain minta izin, saya juga meminta dukungan dari beliau, Ibu Hermawati,M.Pd. selaku kepala sekolah agar memberikan dukungan dan bantuan dalam pelaksanaan kegiatan kolaborasi dan berbagi pada pelaksananaan tugas PembaTIK Level 4 ini. Berkat dukungan dan bantuan beliau saya diperbolehkan menggunakan kamera milik sekolah untuk digunakan dalam pengambilan video praktik baik. Selain itu, saya juga diperbolehkan meminta bantuan seorang peserta didik dari jurusan Multi Media untuk mempermudah kegiatan saya. Saya berharap melalui kegiatan ini, peserta didik tersebut dapat mempraktikan ilmu yang sudah dipelajarinya.


Meminta Izin dan Dukungan Kepala SMKN 1 Negeri Katon 

Setelah meminta izin, saya lanjutkan dengan kegiatan pengambilan video praktik baik penggunaan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Kali ini saya berkesempatan melakukan pengambilan video di kelas Teknik Kecantikan Kulit dan Rambut (TKKR) yang seluruh peserta didiknya terdiri dari perempuan. Materi yang dibahas pada hari ini mengenai Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran discovey learning sesuai dengan contoh praktik baik pada Platform Merdeka Mengajar. Proses pencarian informasi yang dilakukan peserta didik menggunakan perpustakaan digital yang dapat terintegrasi dengan Portal Rumah Belar. Perpustakaan digital ini saya buat sebelumnya pada sekitar bulan Juni 2022 saat aktualisasi kegiatan DikLatSar CPNS Provinsi Lampung.

Suasana Kelas Teknik Kecantikan Kulit dan Rambut TKKR Saat Pengambialn Video Praktik Baik


Demikian kegiatan saya hari ini... Wassalamualaikum...😊


Komentar