Kegiatan PembaTIK Level 4... Finish..!!!!

Assalamualaikum.... 

Tabik pun...

Hari ini, Senin 31 Oktober 2022 merupakan hari terakhir pengumpulan tugas PembaTIK Level 4. Berbagai kegiatan telah dilalui di antara kesibukan tugas sebagi guru. Saya mengawali kegiatan penyelesaian tugas PembaTik Level 4 ini dengan pembuatan blog. ni merupakan pengalaman pertama saya menulis di blog. Kegiatan ini saya lakukan di sela-sela waktu mengajar saya di sekolah. Besar harapan saya pengalaman pertama saya dalam menulis di blog akan terus berkembang hingga banyak pengalaman dan ilmu pengetahuan yang dapat saya bagikan dengan siapapun yang mengakses blog saya ini.

                                                                                 Kegiatan Pembuatan Blog

Pada tahap Level 4 ini dengan tema "Semangat Berbagi dan Berkolaborasi" kembali mengingatkan pada pernyataan yang diungkapkan oleh Bapak Eko Indrajit dalam kuliah PembaTIK level 4 pada Selasa 11 Oktober 2022, bahwa cara terbaik dalam berinvestasi adalah berbagi. Melalui berbagi ilmu maka ilmu kita akan semakin bertambah dan berkembang. Beranjak dari pernyataan tersebut maka saya mulai membuat action plan mengenai kegiatan berbagi dan berkolaborasi sebagai bentuk investasi terbaik saya sekaligus guna menyelesaikan kegiatan PembaTIK Level 4.

Kegiatan Kuliah Umum PembaTIK Level 4 

Berdasarkan saran dari para DRB Lampung terkait dengan tugas PembaTIK pada Level 4 ini ternyata bukan sekedar tentang membagikan informasi atau sosialisasi Portal Rumah Belajar dan Platfom Merdeka Mengajar, namun ternyata lebih dari sekedar itu. Paling utama dari tugas kali ini adalah berbagi praktik baik mengenai penggunaan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar yang pernah diterapkan oleh para Sahabat Rumah Belajar. Pada kegiatan kolaborasi dan berbagi kali ini diutamakan kualitas bukan kuantitas. Masukan ini tentu sangat berguna bagi kegiatan saya berikutnya.

        Kegiatan diskusi dan berbagi dengan Duta Rumah Belajar dari Lampung dan para Sahabat Rumah Belajar 

Setelah meminta izin dengan kepala SMKn 1 Negeri Katon, saya lanjutkan dengan kegiatan pengambilan video praktik baik penggunaan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Kali ini saya berkesempatan melakukan pengambilan video di kelas Teknik Kecantikan Kulit dan Rambut (TKKR) yang seluruh peserta didiknya terdiri dari perempuan. Materi yang dibahas pada hari ini mengenai Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran discovey learning sesuai dengan contoh praktik baik pada Platform Merdeka Mengajar. Proses pencarian informasi yang dilakukan peserta didik menggunakan perpustakaan digital yang dapat terintegrasi dengan Portal Rumah Belar. Perpustakaan digital ini saya buat sebelumnya pada sekitar bulan Juni 2022 saat aktualisasi kegiatan DikLatSar CPNS Provinsi Lampung. Kegiatan pembelajaran ini saya unggah pada media sosial TikTok, Instagram, dan juga FaceBook.

Suasana Kelas Teknik Kecantikan Kulit dan Rambut TKKR Saat Pengambialn Video Praktik Baik

Bertepatan pada Jumat 21 Oktober 2022 pada pukul 14.00-16.10 WIB telah dilaksanakan kegiatan bimbingan teknis Pembatik Level 4 bersama dengan para Duta Rumah Belajar Lampung. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan Alhamdulillah banyak ilmu yang telah saya dapatkan sebagai bekal dalam penyelesaian tugas PembaTIK Level 4. Saya berharap dapat mempraktekannya dengan baik sebagai bagian dari usaha dalam mendukung tumbuhnya ekosistem digital menuju merdeka mengajar.

                Poster Bimbingan Teknis Pembatik Level 4

Spin Pengundian Nama SRB yang Akan Presentasi Action Plan

Kegiatan paling penting dalam rangka menyelesaikan tugas akhir PembaTIK Level 4 telah berlangsung pada Rabu 26  Oktober 2022. Pada kesempatan ini saya berkolaborasi dengan Calon Guru Penggerak (CGP) SMKN 1 Negeri Katon Pesawaran Ibu Resi Sari Yandra . Tema yang kami usung adalah "Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar Serta Menanamkan Budaya Positif di Sekolah".

Foto Bersama Dengan Para Peserta (Pendidik SMKN 1 Negeri Katon) Kegiatan Berbagi Praktik Baik

Kegiatan berbagi yang kami lakukan berjalan dengan baik. Kegiatan ini juga mendapatkan respon yang sangat positif baik dari pihak kepala sekolah maupun dari para peserta, yakni para guru hebat SMKN 1 Negeri Katon Pesawaran. Setelah saya selesai melakukan pemaparan, para peserta merasa sangat tertarik dengan pemanfaatan portal rumah belajar dan platform merdeka mengajar dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Baik kepala sekolah maupun para peserta merasa perlu ada pertemuan lanjutan. Rencananya pada bulan Desember 2022, selepas kegiatan penilaian akhir semester akan dilakukan kegiatan berbagi praktik baik kembali mengenai pemanfaatan portal rumah belajar dan platform merdeka mengajar dalam kegiatan pembelajaran dikelas. 

Kegiatan Pemaparan Materi

Kegiatan berbagi praktik baik Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar tersebut telah saya unggah melalui berbagai media sosial baik Instagram (IG) face book (FB) maupun melalui media sosial TikTOK . 

Setelah melakukan kegiatan berbagi dan berkolaborasi praktik baik di SMKN 1 Negeri Katon tempat dimana saya mengabdi, kali ini saya berkesempatan untuk berbagi dan berkolaborasi praktik baik di SMAN 1 Sukoharjo Kabupaten Pringsewu. Setelah meminta izin kepada Bapak Jahara Siregar selaku kepala sekolah, saya lanjutkan dengan berkoordinasi dengan waka kurikulum yakni Bapak Didi Santoso. 

Banner Kegiatan Berbagi Praktik Baik 

Kegiatan berbagi di SMAN 1 Sukoharjo berlangsung dengan lancar. Selama kegiatan berbagi praktik baik para peserta yakni guru-guru hebat, memperhatikan materi dengan baik. Saat penyampaian materi para peserta juga langsung bertanya jika ada hal-hal yang belum dipahami terutama tentang Portal Rumah Belajar. Banyak dari para peserta yang baru mau bertanya setelah acara ditutup. Hal ini dimungkinkan karena merasa malu ketika akan bertanya di forum, atau karena merasa lebih nyaman jika bertanya secara individu. 


Foto Bersama Dengan Para Ibu Guru SMAN 1 Sukoharjo

Ada pula peserta yang ingin berjumpa lagi lain waktu atau menghubungi lewat gawai untuk belajar secara langsung mengenai pemanfaatan Portal Rumah Belajar. Banyak dari para peserta lebih tertarik mempelajari Portal Rumah Belajar dikarenakan SMAN 1 Sukoharjo telah menerapkan kurikulum merdeka dan telah menjadi salah satu sekolah penggerak, sehingga mereka telah mengenal Platform Merdeka Mengajar dengan cukup baik. Kegiatan kali ini saya  bagikan melalui berbagai media sosial, diantaranya FBIGTikTok, dan juga YouTube.

Demikian rangkaian kegiatan PembaTIK Level 4 tahun 2022. Berbagai ilmu dan pengalaman luar bisa telah saya dapatkan. terimakasih pada Pusdatin Kemdikbudristek yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Semoga tercipta para guru hebat yang siap untuk menumbuhkan ekosistem digital menuju merdeka belajar.

Wassalamualaikum...

Komentar