Berbagi asyiiiik... bersama Duta Rumah Belajar Lampung

 Assalamualiakum... Tabik pun...

Bertepatan pada Jumat 21 Oktober 2022 pada pukul 14.00-16.10 WIB telah dilaksanakan kegiatan bimbingan teknis Pembatik Level 4 bersama dengan para Duta Rumah Belajar Lampung. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan Alhamdulillah banyak ilmu yang telah saya dapatkan sebagai bekal dalam penyelesaian tugas PembaTIK Level 4. Para duta Rumah Belajar yang terlibat pada kegiatan ini antara lain :

1. M.Hafizh Bestari

2. Widawati

3. Asri Ulfah R

4. Intan Widora

5. Nuvis Melodiana

6. Yuni Sudiasih

7. Wahyudi

8. Mirwan Saputra

9. Hada Ahkamajaya

Poster Bimbingan Teknis Pembatik Level 4

Materi pertama yang disampaian pada bibingan teknis ini yaitu berkaitan dengan pelaksanaan PembaTIK level 4. Materi ini diantaranya berkenaan dengan tugas-tugas yang harus diselesaikan dan sistem penilannya. Kemudian dilanjutkan dengan materi kedua yang berkaitan dengan teknik berkomunikasi. Materi yang disampaikan dengan bersemangat oleh DRB Lampung ini memberikan pemahaman baru bagi saya masih belum memiliki kemampuan berkomunikasi (publik speaking) dengan baik. Ternyata dalam berkomunikasi hal yang paling utama dan sangat penting adalah bagaimana cara kita berpenampilan pada saat berkomunikasi. Kemudian penyiapan materi yang menarik juga menjadi hal yang perlu untuk diperhatikan.


Materi Tentang Teknik Komunikasi

Disampaiakan pula pemaparan materi mengenai tips membuat blog yang menarik. Hal penting yang dapat saya ambil dari pemaparan materi oleh Ibu Intan Widora adalah penggunaan judul yang menarik sehingga orang lain tertarik untuk membacanya. Bahasa yang bisa membuat pembaca betah berlama-lama membaca tulisan kita juga menjadi hal utama. Tidak kalah penting dari kedua hal tadi tentunya terkait penulisan yang kurang tepat atau typo harus dihindari. Tentunya materi ini membuat saya merefleksikan diri memahami kekurangan dan menemukan cara mengatasi kekurangan tersebut. Mengenai penulisan yang salah ini selalu menjadi kelemahan saya. Untuk mengatasi hal tersebut saya harus membaca berulang apa yang telah saya tulis atau ketik. 

Materi Tentang Pembuatan Blog

Pemaparan materi mengenai artikel populer dan ilmiah populer menjadi hal baru bagi saya. Belum pernah sebelumnya terfikir di benak saya mengenai perbedaan artikel populer dan ilmiah populer. Dahulu saya berfikir tidak ada bedanya atau sama saja. Setelah mengikuti kegiatan bimtek hari ini saya tau bahwa terdapat perbedaan di antara keduanya 😉....Dilanjutkan materi berikutnya mengenai tips produksi vlog. Pemaparan materi kali ini terkait tentang ketentuan tugas vlog, teknis pengambilan vlog dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan vlog. Bagi saya yang masih awan, tentu membutuhkan energi lebih agar vlog yang saya buat nantinya dapat memuat kearifan lokal tidak hanya sekedar praktik baik pemanfaatan PMM dan Rumah Belajar. 


Foto Bersama Pada Kegiatan Bimbingan Teknis Pembatik Level 4

Alhamdulillah terimakasih banyak para DRB Lampung telah meberikan informasi dan ilmu yang sangat bermanfaat bagi saya. Semoga saya dapat mempraktekannya dengan baik sebagai bagian dari usaha dalam mendukung tumbuhnya ekosistem digital menuju merdeka mengajar. Teghima kasih....
Wassalamualaikum....


Komentar